back to home rss Twitter Delicious Facebook Digg

MENJADI PENGUSAHA MODAL OTAK

Diposting oleh Kirindra di 00.30

Banyak diantara kita yang mungkin sejak dulu ingin menjadi seorang pengusaha, mengingat jam kerja kita tidak diatur oleh Bos atau atasan kita. Tapi mengapa sampai sekarang usaha itu tak kunjung kita bangun? Banyak yang beralasan “saya tak punya modal, bagaimana kalau bangkrut, bagaimana mengelolanya, bagaimana kalau kalah dengan pesaing ?... dan bagaimana-bagaimana yang lain. Sebenarnya dalam memulai suatu usaha yang baru memang dituntut keberanian dan kerja keras. Mungkin kita selalu menunda-nunda memulai usaha dengan alasan tak punya modal, padahal modal tak hanya berupa uang. Tuhan telah memberikan modal yang tidak ada tandingannya, yaitu ‘otak’ kepada kita. Otak anda beratnya hanya 1.5 kg dan ukurannya tidak lebih dari seuntai anggur. Namun, otak beribu kali lebih hebat daripada Superkomputer terhebat sekalipun. Anda memiliki 100 milyar sel otak aktif sejak lahir. Sesungguhnya manusia adalah makhluk luar biasa. Tanpa modal uang tunai pun, anda masih bisa membuka usaha. Berikut ini akan saya paparkan langkah-langkah yang bisa anda coba dalam membuka usaha :
1. Anda bisa menggunakan brosur atau pasang iklan di koran/majalah yang mungkin biayanya tidak terlalu besar yang isinya menginformasikan tentang usaha anda jika itu menyangkut “jasa”, seperti laundry, kursus atau yang lainnya. Jika itu berupa barang seperti penjualan makanan/minuman, garment, alat tulis dan lainnya, anda bisa pasang pamflet lokasi usaha anda.
2. Trus gimana dengan lokasinya? Menggunakan sistem pembayaran belakang, merupakan senjata ampuh untuk mendapatkan lokasi berupa ruko atau rumah sewa. Nanti setelah usahanya berjalan dan mendapat keuntungan baru anda bayar tuh sewanya. Kalau masalah ini, anda harus belajar bernegosiasi dengan pemilik lokasi. Anda bisa mengatakan, “ Pak saya mau menyewa ruko/rumah bapak yang sedang kosong”. Mungkin dia akan mempersilahkan. Anda jawab lagi, “saya akan membayar per bulan, tapi saya baru mulai membayar bulan depan/ 3 bulan lagi. Alasannya saat ini saya belum punya uang”. Dia mungkin akan menerima atau
menolak. Tapi jika menolak,anda bisa cari lokasi lain. Kegigihan adalah kunci utama untuk meraih kesuksesan.
3. Nah selanjutnya gimana dengan peralatan dan barang-barang yang akan digunakan dalam usaha? Dalam hal ini anda bisa meminjam modal dari teman dekat, keluarga atau dari bank. Bisa juga anda bernegosiasi dengan penjualnya dengan sistem pembayaran belakang. Ada juga yang berbelanja dengan menggunakan kartu kredit di supermaket, kan bayarnya juga di belakang.
4. Jika anda membuka usaha kursus anda bisa menerapkan pembayaran di muka kepada pesertanya.
5. Jika usaha anda sudah berjalan, anda harus cerdas mengatur cashflow. Proritaskan keuntungan tapi dengan cara yang legal dan tentu saja, pelayanan yang terbaik harus anda berikan pada setiap konsumen anda.
Di postingan saya berikutnya, akan saya paparkan secara sederhana jenis-jenis usaha skala rumahan yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi anda.
Nah, selamat membuka usaha. Keberanian dan kegigihan adalan kunci kesuksesan. Jangan takut gagal, karena kegagalan adalah proses yang tidak bisa dipisahkan dari ke-SUKSES-an. No Pain No Gain. Berani Gagal, Berani SUKSES.
Salam Luar Biasa. Hormat saya,
Chandra Wijaya

3 komentar:

Irvan mengatakan...

wah thanks infonya kawan, nanti saya coba!

Fahry mengatakan...

sy suka ni

Kirindra mengatakan...

YAP. Kapan-kapan berkunjung lagi yah!

Posting Komentar